Mau Beli VGA ? Perhatikan Hal Hal Berikut Ini

Salah satu bagian yang cukup penting dalam sebuah PC adalah graphic card. Hal ini terutama bagi kita atau mereka yang membutuhkan performa tinggi untuk melakukan berbagai hal seperti editting atau render video misalnya. Sebuah PC yang dilengkapi dengan graphic card dengan spek yang memadai tentunya akan memudahkan pekerjaan kita tersebut sehingga kita bisa mengerjakannya dengan lancar. Demikian juga sebaliknya jika kita menggunakan PC yang graphic cardnya seadanya untuk mengerjakan pekerjaan berat maka pekerjaan bukannnya selesai kita justru akan dihadapkan dengan serangkaian masalah. Oleh karena itu tidak mengherankan jika kemudian banyak orang yang berkeinginan untuk melakukan upgrade VGA komputer mereka. Misalnya saja mereka mengupgrad vganya menggunakan GTX 1070. Dengan melakukan upgrade graphic card ini tentunya mereka berharap kinerja dari komputer mereka bisa meningkat. Tapi tentunya agar hal tersebut bisa terjadi sebelum melakukan upgrade VGA pada komputer kita terlebih dahulu ada beberapa hal yang perlu diperhatikan sebelumnya agar upgrade yang dilakukan nantinya bisa optimal dan tidak sia sia. Beberapa hal yang perlu diperhatikan sebelum melakukan upgrade graphic card ini antara lain adalah sebagai berikut :

1. Kebutuhan
Sebelum kita melakukan upgrade terhadap vga pada komputer kita tentunya kita harus tahu terlebih dahulu kebutuhan atau penggunaan dari komputer tersebut apakah akan digunakan untuk game, rendering video, edit gambar atau yang lainnya. Dengan mengetahui kebutuhan penggunaan komputer ini maka kita bisa menentukan jenis vga yang spesifikasinya  cocok. Dalam hal spesifikasi ini ada beberapa hal yang perlu diperhatikan misanya saja yaitu soal bit atau lebar jalur data, memori clok atau kecepatan memori dari vga dan juga soal kapasitas memori dari vga itu sendiri.

2. Kompabilitas VGA dengan Perangkat Lain
Salah satu hal pentinh yang tidak boleh kita lewatkan sebelum mengganti graphic card adalah soal kompabilitas atau kesesuaian antara vga tersebut dengan perangkat lainnya yang ada pada komputer kita. Dalam masalah kompabilitas ini meliputi beberapa hal misalnya saja soal port yang ada pada komputer kita hendaknya sesuai dengan vga yang akan dipakai. Pastikan juga resolusi dari layar komputer yang kita pakai harus sinkron dengan resolusi dari VGA tersebut ( max resolution display sinkron dengan max resolution VGA). dan yang tida kalah pentingnya dalam hal kompabilitas ini adalah menyangkit power suplay (PSU) yang dipakai, pastikanlah power suplay yang dipakai ini sesuai dengan vga sehingga psu bisa mensuplai vga dengan baik dan stabil. Selain kompabilitas atau kesesuain dengan perangkat lain VGA yang akan kita psang seharusnya juga kompatibel atau sesuai dengan software atau aplikasi aplikasi yang bisanya kita pakai pada kompute rtersebut.

3. Ukuran Fisik dari VGA
Pastikan juga saat akan mengganti atau melakukan upgrade vga kita memperhatikan soal ukuran fisik atau besar kecilnya ukuran dari vga tersebut. Pilihlah vga dengan ukuran yang sesuai dengan ukuran dari komputer dalam artian ukuran vga tersebut tida melebihi bagian ruang kosong pada komputer.

4. Harga
Faktor harga merupakan salah satu faktor yang hampir selalu jadi bahan pertimbangan sebelum membeli sesuatu termasuk juga VGA. Tentunya pastikan membeli graphic card yang sesuai dengan budget yang kita miliki. Jika kita memang memiliki budget yang cukup besar dan mencukupi maka tida ada slahnya membeli graphic card dengan spek yang tinggi. Namun jika budget yang kita miliki terbatas maka mau tida mau spek dari vga yang kita beli harus menyesuaikan dengan budget tersebut, atau kalau kita mau membeli vga yang memiliki spek tinggi dengan budget yang tida terlau besar maka kita bisa saja membeli vga second atau bekas.

Posting Komentar

0 Komentar